LAPORAN KINERJA POLTEKKES PONTIANAK

Submitted by perencanaan on Thu, 04/20/2017 - 11:12
LAKIP

Latar belakang perlunya penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), antara lain:

  • Dalam rangka lebih meningkatkan pelaksanaan pemerintahan yang lebih berdayaguna, berhasil guna, bersih dan bertanggungjawab dipandang perlu adanya pelaporan AKIP
  • Untuk melaksanakan pelaporan AKIP perlu dikembangkan Sistem AKIP
  • Sebagai wujud pertanggungjawaban dalam mencapai misi dan tujuan instansi pemerintah dan dalam rangka perwujudan good governance telah dikembangkan media pertanggungjawaban LAKIP

Laporan Akuntabilitas Kinerja : Dokumen yang berisi gambaran perwujudan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  yang disusun dan disampaikan secara sistematik dan melembaga.

Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan melalui sistem pertanggungjawaban secara periodik.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah instrumen yang digunakan instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggujawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan misi organisasi yang terdiri dari berbagai komponen yg merupakan suatu kesatuan yaitu perencanaan stratejik, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja dan pelaporan kinerja.

Perencanaan Stratejik merupakan Suatu proses yg berorientasi pada hasil yg ingin dicapai dalam kurun waktu 1-5 tahun secara sistematis dan berkesinambungan. Proses ini menghslkan suatu rencana statejik yg memuat visi, misi, tujuan, sasaran, dan program yang realistis dan mengantisipasi masa depan yang diinginkan dan dapat dicapai.


Perencanaan Kinerja merupakan proses penetapan kegiatan tahunan dan indikator kinerja berdasarkan program , kebijakan, sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana stratejik.  Hasil dari proses ini berupa Rencana Kinerja Tahunan.

Pengukuran Kinerja dengan mempergunakan Indikator Kinerja Utama (IKU).
 

  • IKU pada tingkat Kementerian Negara/ Departemen/LPND adalah Indikator Hasil (Outcome) sesuai dengan kewenangan tugas dan fungsi.
  • IKU pada tingkat Eselon I adalah Indikator hasil (Outcome) dan atau keluaran (Output), setingkat lebih tinggi dari keluaran (Output)  unit kerja dibawahnya.
  • IKU pada tingkat Eselon II sekurang-kurangnya adalah Indikator keluaran (Output).

 

LAKIP Poltekkes Kemenkes Pontianak ini dibuat mengacu pada Permen PAN dan RB RI Nomor 53 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2416/Menkes/Per/XII/2011.

LAKIP ini merupakan bentuk laporan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas pokok  dan  fungsi  serta kewenangan pengelolaan sumber daya dan kebijakan  Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pontianak berdasarkan Rencana Strategis tahun 2016 – 2020 dan Rencana Kinerja Tahunan yang telah ditetapkan pada tahun 2016.

Kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  semua  pihak  yang telah membantu dalam penyusunan LAKIP ini.

Akhirnya dengan terselesainya penyusunan LAKIP ini, kami berharap dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja kegiatan selanjutnya.

Laporan Kinerja Poltekkes Pontianak TA. 2015 :

https://drive.google.com/file/d/0Bxz0beqQ9rMVNnVXOHJPSktNaXc/view?usp=sharing

Laporan Kinerja Poltekkes Pontianak TA. 2016 : 

https://drive.google.com/file/d/0Bxz0beqQ9rMVblJGMWI2Sk1Cbnc/view?usp=sharing